Visi dan Misi

Visi :

Menjadi Perguruan Tinggi terkemuka di Wilayah Barat Sumatera dan mampu bersaing secara nasional

Berdasarkan berbagai kajian terhadap kondisi eksternal yang berkembang saat ini dan kecenderungannya pada masa yang akan datang, serta peran besar UGN yang diharapkan oleh pemerintah, masyarakat serta pelaku bisnis dalam menghadapi persaingan maka UGN menetapkan visinya menjadi perguruan tinggi terkemuka di Wilayah Barat Sumatera dan mampu bersaing secara nasional. Mengapa menjadi Perguruan Tinggi terkemuka di Wilayah Barat Sumatera dan mampu bersaing secara nasional?

Dunia pendidikan tinggi telah mengalami perubahan secara dramatis sejak dekade terakhir Abad XX. Delapan perubahan penting yang terjadi adalah: (1) masyarakat semakin kritis terhadap universitas; (2)dukungan politik dan keuangan terhadap pendidikan tinggi semakin berkurang; (3) biaya pendidikan tinggi semakin meningkat sedangkan proporsi jumlah keluarga yang mampu membayar penuh biaya kuliah di universitas semakin menurun; (4) jumlah populasi penduduk dan universitas telah meningkat secara substansial; (5) karakteristik dosen juga telah berubah dalam berbagai hal; (6) bangsa mengalami suatu revolusi besar di bidang teknologi, mungkin memiliki dampak revolusioner terhadap sistem pengajaran dan bagaimana mahasiswa belajar; (7) sektor pencetak laba memasuki pasar pendidikan tinggi; dan (8) pengembangan kredibilitas institusional.

Sehubungan dengan kecenderungan di atas, di masa depan diperkirakan UGN akan menghadapi resiko besar apabila dalam melaksanakan misi Tridharma Perguruan Tinggi, universitas ini masih memegang pola konvensional.

Memahami perubahan-perubahan di atas, UGN perlu segera membuat kebijakan, strategi dan langkah-langkah antisipasi agar tetap dapat berperan penting sebagai kekuatan pembaharuan dan pemberdaya masyarakat khususnya dalam bidang sumber daya manusia. UGN perlu memiliki kemampuan untuk menjadikan dirinya sebagai tempat pembelajaran oleh masyarakat secara lebih luas tidak lagi terbatas hanya bagi mahasiswa yang membutuhkan sertifikat (formal students), tetapi juga bagi kelompok-kelompok pembelajar non-formal (non-formal learners) seperti para praktisi bisnis, masyarakat awam, pejabat-pejabat pemerintah daerah dan lain-lain yang membutuhkan pengetahuan (ilmu, teknologi dan seni) dalam meningkatkan efisiensi, mutu dan produktivitas kerja mereka guna peningkatan daya saing. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pelayanan pendidikan di atas terlebih dalam melayani kelompok non-formal learners. Pelayanan pendidikan masyarakat secara lebih luas ini bagi UGN juga adalah perluasan segmen pasar sehingga efektif untuk dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan alternatif.
Untuk mewujudkan diri sebagai Perguruan tinggi terkemuka di Wilayah Barat Sumatera dan mampu bersaing secara nasional, UGN perlu segera membenahi seluruh proses dan mengemas produk-produknya dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat agar mampu mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin bersaing secara global. Para pakar (tenaga akademik) harus terampil dalam mengemas bidang-bidang ilmu keunggulannya masing-masing ke dalam bentuk yang mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh para pembelajar khususnya pembelajar non-formal serta dapat diakses dengan mudah melalui media teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Pelayanan bagi kelompok pembelajar formal (formal students) perlu lebih diarahkan kepada pembentukan lulusan berdaya saing global yang memiliki kemampuan tinggi tidak hanya dalam bidang keilmuan tetapi juga keterampilan komunikasi termasuk dalam penggunaan teknologi komunikasi. Hal ini sangat penting karena pasar kerja akan membutuhkan tenaga-tenaga yang memiliki keterampilan mengkomunikasikan ilmu dan hasil-hasil penelitiannya dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Misi:
Untuk merealisasikan visi diatas, maka misi akan diemban oleh UGN adalah sebagai berikut :
1. Mewujudkan lulusan yang handal
2. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang profesional
3. Meningkatkan sarana dan prasarana
4. Meningkatan kemitraan dengan pihak lain
5. Meningkatkan pengelolaan manajemen universitas yang akuntabel.
Karena tanggung jawab perguruan tinggi adalah melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat maka dalam melaksanakan misi UGN ketiga unsur tridharma tersebut tidak dilakukan secara sendiri-sendiri tetapi dilakukan secara terintegrasi. Materi pembelajaran diupayakan secara maksimal bersumber dari hasil-hasil penelitian. Hasil-hasil penelitian ini juga dikemas ke dalam bentuk aplikasi untuk dikomunikasikan tidak hanya kepada mahasiswa tetapi juga kepada kelompok pembelajar non-formal yang relevan.

5. Tujuan dan Sasaran UGN
Dalam penjabaran misi diatas, maka tujuan dan sasaran UGN dirumuskan sebagai berikut :
1. Terwujudnya hasil lulusan yang memenuhi standar mutu pendidikan
2. Terwujudnya sistem informasi pendidikan yang baik
3. Terpenuhinya dosen dan pegawai yang memenuhi kualitas
4. Terpenuhi dan terpeliharanya sarana dan prasarana yang memadai
5. Terwujudnya kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta
6. Mendorong peningkatan kinerja pemerintah daerah
7. Meningkatnya pemberdayaan alumni
8. Terlaksananya sistem informasi manajemen yang akuntabel

© 2015 LPSIT Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan