Follow Us:

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

DATA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA


1. Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
“Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional tahun 2025”.


2. Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
a. Melaksanakam pembelajaran yang bermutu berbasis kurikulum KKNI.
b. Melaksanakan pengajaran yang unggul pada aspek keterampilan berbahasa dan berbudaya.
c. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di tingkat nasional untuk meningkatkan kualitas sumber daya yang lebih handal.
d. Melaksanakan kerja sama dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia dengan stakeholder untuk meningkatkan mutu lulusan di tingkat nasional.


3. Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
a. Terwujudnya lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tekun, berprestasi, berkualitas, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu berdaya saing di tingkat nasional dan global.
b. Tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik dan berkepribadian.
c. Tercapainya mutu lulusan yang unggul pada aspek keterampilan berbahasa dan berbudaya.
d. Tercapainya kualitas penulisan karya-karya ilmiah yang melibatkan para dosen dan mahasiswa melalui berbagai media sebagai sarana transformasi serta menghasilkan penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pengembangan ilmu di bidang bahasa dan sastra di tingkat nasional.
e. Terwujudnya lulusan yang memiliki budaya kerja dan etos kerja yang baik.
f. Terwujudnya lulusan sesuai dengan kebutuhan pengguna (stakeholder).
g. Tercapainya kerja sama dengan pemerintah, pengguna dan stakeholder untuk meningkatkan daya serap lulusan di tingkat nasional.


4. Profil lulusan program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
a. Tenaga pendidik/peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
b. Jurnalis berbasis IPTEK dan berbudaya lokal.
c. Praktisi di bidang bahasa dan sastra Indonesia.


       Deskripsi kemampuan yang harus dimiliki oleh profil lulusan Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai berikut.
1. Memiliki pengetahuan kependidikan.
2. Memiliki pengetahuan kebahasaan.
3. Memiliki pengetahuan kesastraan.
4. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia.
5. Memiliki keterampilan bersastra Indonesia.
 6. Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran.
7. Memiliki kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik.
8. Memiliki kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia.
9. Memiliki kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik.
10. Memiliki kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia.


      Deskripsi profil lulusan :


1.Tenaga pendidik/peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia
a. Mampu merancang, pelaksanaan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia menggunakan metode pendekatan, model dan strategi pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media berbasis IT/digital.
b. Mampu mengaplikasikan konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode, prosedur dan teknologi informasi), pengelolaan kelas serta evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memnfaatkan media berbasis IT/digital.
c. Mampu menguasai metodologi penelitian dalm bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam praktik penelitian dan pengkajian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan memanfaatkan media berbasis It/digital.
d. Mampu menerapkan prinsip psikologi pendidikan, sosiologi pendidikan, dan antropologi pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memanfaatkan media berbasis It/digital.
e. Mampu mengevaluasi hasil pembelajaran dangan memanfaatkan IT/digital sehingga dapat mengukar hasil belajar dengan baik yang pada akhirnya dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas.


2.Jurnalis berbasis IPTEK dan berbudaya lokal
a.Mampu mengaplikasikan berbagai keterampilan di bidang jurnalistik seperti meliputi,menulis,menyunting, dan melaporkan pristiwa baik secara langsung maupun tidak langsung.
b.Mampu memproduksi karya jurnalistik seperti majalah dinding,majalah,tabloid,koran dengan menaati kode etik jurnalistik dan peraturan yang berlaku.


3.Praktisi di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
a.Menguasai kemampuan dalam bidang pengelolaan pendidikan,pembina ekstra kurikuler,evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembangan media serta sumber belajar pada jenjang sekolah.
b.Mampu menerapkan layanan pembinaan bahasa di sekolah untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan Bahasa Indonesia.
c.Menguasai konsep teoretis bahasa dan budaya secara umum untuk mendukung kemampuan memfomulasikan masalah kebebasan secara prosedural.