Follow Us:

Pendidikan Bahasa Inggris

VISI, MISI, TUJUAN, dan  STRATEGI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 

2.1 VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN

Menjadi pusat dalam pengembangan profil lulusan yang unggul dan  berkarakter dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2027

 

2.2 MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN

Berdasarkan pada visi tersebut, maka misi Program studi pendidikan bahasa inggris FKIP UGN sebagai berikut:

1.     Mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi pendidikan.

2.     Menyediakan pengalaman pembelajaran yang inovatif untuk mempersiapkan lulusan sebagai tenaga pendidik, praktisi bahasa, dan edupreneur yang kompeten dan adaptif.

3.     Mendorong penelitian yang berkelanjutan dan relevan untuk meningkatkan pengetahuan dan solusi dalam pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.

4.     Membangun kolaborasi dan kemitraan yang luas untuk meningkatkan jaringan dan dampak positif terhadap masyarakat.

 

2.3 TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN

Untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi Program studi, maka tujuan Program studi pendidikan bahasa inggris FKIP UGN sebagai berikut:

1.     Memastikan lulusan memiliki kompetensi pedagogis dan keahlian bahasa Inggris yang tinggi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

2.     Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai untuk mendukung pengembangan keterampilan praktis dalam berbagai sektor profesional.

3.     Mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas penelitian yang dapat memberikan kontribusi signifikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

4.     Menumbuhkan sikap kritis, kreatif, dan kolaboratif pada mahasiswa untuk menjawab tantangan global dan lokal dalam bidang pendidikan dan bahasa Inggris.

5.     Memperluas jejaring dan kerja sama dengan industri, pemerintah, dan masyarakat dalam rangka meningkatkan relevansi dan dampak positif dari program studi terhadap pembangunan nasional.

 

2.4 SASARAN DAN STRATEGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN

Implementasi kurikulum Program Studi ini akan dimulai pada tahun akademik 2024. Tahap awal dari implementasi ini akan dimulai dengan menetapkan sasaran yang akan dicapai, dan kemudian merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai sasaran tersebut, dapat dilihat sebagai berikut :

Sasaran Program studi pendidikan bahasa inggris FKIP UGN :

1.     Meningkatkan kualitas pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.

2.     Mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas penelitian yang relevan dengan bidang pendidikan bahasa Inggris dan masyarakat.

3.     Memperluas kemitraan dengan industri dan masyarakat untuk meningkatkan relevansi program studi dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi.

4.     Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi positif pada pembangunan lokal dan nasional.

Strategi Program studi pendidikan bahasa inggris FKIP UGN :

1.     Melakukan evaluasi dan penyesuaian kurikulum secara berkala berdasarkan perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dan tuntutan pasar kerja.

2.     Mengimplementasikan metode pembelajaran inovatif, pelatihan untuk dosen, serta memanfaatkan teknologi pendidikan untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran.

3.     Mendorong dosen dan mahasiswa untuk aktif melakukan penelitian yang relevan dan berdampak serta memberikan dukungan dalam hal akses sumber daya dan publikasi.

4.     Mengadakan kegiatan kolaboratif dengan industri, lembaga pemerintah, dan masyarakat untuk menyediakan kesempatan magang, proyek bersama, dan pertukaran pengetahuan.

5.     Mengintegrasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam kurikulum, menyediakan dukungan dan insentif bagi mahasiswa yang aktif terlibat dalam kegiatan tersebut.


PROFIL LULUSAN

 

3.1 PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSI KEMAMPUAN LULUSAN

Berdasarkan kajian visi dan misi Universitas, kebutuhan pengguna lulusan, serta kajian IPTEKS (visi keilmuan), Program Bahasa Inggris (PBI) FKIP Universitas Graha Nusantara (UGN) mempersiapkan lulusannya untuk berkontribusi dalam berbagai bidang profesional yang memerlukan keahlian bahasa Inggris dalam era globalisasi. Profil Profesional Mandiri (PPM) merupakan cerminan pencapaian kualitas yang diharapkan dari lulusan Program Bahasa Inggris FKIP UGN setelah berkarir dalam profesinya selama 3-5 tahun.  Berikut adalah Profil Profesional Mandiri (PPM) yang telah disusun berdasarkan Outcome-Based Education (OBE) untuk mencapai tujuan tersebut:

 

Tabel 3.1. Profil Profesional Mandiri (PPM) dan Deskripsinya

 

No

Profil Profesional Mandiri (PPM)

Deskripsi Profil Lulusan

PPM 1

Tenaga Pendidik (Pendidik Bahasa Inggris)

Lulusan yang memiliki kompetensi pedagogis dan kebahasaan, dapat mendesain dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan responsif terhadap perkembangan teknologi Pendidikan (edtech). Lulusan juga harus mampu melakukan penilaian yang efektif untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris yang berkualitas di lingkungan pendidikan formal dan non-formal.

PPM 2

Praktisi Bahasa

Lulusan yang dapat mengaplikasikan keahlian bahasa Inggris dalam berbagai sektor profesional, termasuk perhotelan, perbankan, dan pariwisata. Lulusan yangs mampu mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi dalam berbagai bidang kerja.

PPM 3

Edupreneur

Lulusan yang dapat merancang, mendirikan, dan mengelola inisiatif pendidikan bahasa Inggris yang inovatif, memanfaatkan metode pembelajaran modern seperti quantum teaching dan blended learning. Serta lulusan yag memiliki pengetahuan dalam kewirausahaan dan manajemen lembaga pendidikan untuk menciptakan dan mengeksploitasi peluang pasar di bidang pendidikan.

 

Ciri khas dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Graha Nusantara (UGN) yang membedakan dari program studi serupa di tempat lain adalah:

1.     Kurikulum program studi ini secara eksplisit mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti etika, kejujuran, dan tanggung jawab sosial, serta elemen kearifan lokal untuk memperkuat identitas nasional dan lokal pada lulusan​.

2.     Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivistik dan student-centered learning yang memberikan mahasiswa peran aktif dalam membangun pemahaman mereka sendiri tentang bahasa Inggris. Metode pembelajaran yang digunakan mencakup pembelajaran berbasis proyek.

3.     Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menerapkan filosofi Merdeka Belajar yang memungkinkan mahasiswa untuk mengatur jalur pembelajaran mereka secara mandiri sesuai dengan minat dan kebutuhan individu. Selain itu, kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) berfokus pada pencapaian kompetensi bahasa Inggris tingkat tinggi serta kemampuan adaptasi dalam berbagai situasi​.

4.     Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menekankan pentingnya kewirausahaan di bidang pendidikan, mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi edupreneur dengan keterampilan dalam teknologi pendidikan modern​.

5.     Lulusan dari program ini dipersiapkan untuk bekerja di lingkungan multikultural dan multibahasa, dengan penekanan pada keterampilan komunikasi yang efektif dalam global​.