VISI,
MISI, TUJUAN, dan STRATEGI PRODI
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
2.1
VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN
Menjadi
pusat dalam pengembangan profil lulusan yang unggul dan berkarakter dalam bidang pendidikan dan
pengajaran bahasa Inggris, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat pada
tahun 2027
2.2
MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN
Berdasarkan pada visi tersebut, maka misi Program
studi pendidikan bahasa inggris FKIP UGN sebagai berikut:
1. Mengembangkan
kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan pasar kerja dan perkembangan
teknologi pendidikan.
2. Menyediakan
pengalaman pembelajaran yang inovatif untuk mempersiapkan lulusan sebagai
tenaga pendidik, praktisi bahasa, dan edupreneur yang kompeten dan adaptif.
3. Mendorong
penelitian yang berkelanjutan dan relevan untuk meningkatkan pengetahuan dan
solusi dalam pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.
4. Membangun
kolaborasi dan kemitraan yang luas untuk meningkatkan jaringan dan dampak
positif terhadap masyarakat.
2.3
TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN
Untuk
mewujudkan visi dan melaksanakan misi Program studi, maka tujuan Program studi
pendidikan bahasa inggris FKIP UGN sebagai berikut:
1. Memastikan
lulusan memiliki kompetensi pedagogis dan keahlian bahasa Inggris yang tinggi
sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
2. Menyediakan
sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai untuk mendukung pengembangan
keterampilan praktis dalam berbagai sektor profesional.
3. Mendorong
peningkatan produktivitas dan kualitas penelitian yang dapat memberikan
kontribusi signifikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.
4. Menumbuhkan
sikap kritis, kreatif, dan kolaboratif pada mahasiswa untuk menjawab tantangan
global dan lokal dalam bidang pendidikan dan bahasa Inggris.
5. Memperluas
jejaring dan kerja sama dengan industri, pemerintah, dan masyarakat dalam
rangka meningkatkan relevansi dan dampak positif dari program studi terhadap
pembangunan nasional.
2.4
SASARAN DAN STRATEGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UGN
Implementasi
kurikulum Program Studi ini akan dimulai pada tahun akademik 2024. Tahap awal
dari implementasi ini akan dimulai dengan menetapkan sasaran yang akan dicapai,
dan kemudian merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai sasaran tersebut, dapat
dilihat sebagai berikut :
Sasaran
Program studi pendidikan bahasa inggris FKIP UGN :
1. Meningkatkan
kualitas pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter
dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.
2. Mendorong
peningkatan produktivitas dan kualitas penelitian yang relevan dengan bidang
pendidikan bahasa Inggris dan masyarakat.
3. Memperluas
kemitraan dengan industri dan masyarakat untuk meningkatkan relevansi program
studi dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi.
4. Meningkatkan
keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk
memberikan kontribusi positif pada pembangunan lokal dan nasional.
Strategi
Program studi pendidikan bahasa inggris FKIP UGN :
1. Melakukan
evaluasi dan penyesuaian kurikulum secara berkala berdasarkan perkembangan
terbaru dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dan tuntutan pasar kerja.
2. Mengimplementasikan
metode pembelajaran inovatif, pelatihan untuk dosen, serta memanfaatkan
teknologi pendidikan untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran.
3. Mendorong
dosen dan mahasiswa untuk aktif melakukan penelitian yang relevan dan berdampak
serta memberikan dukungan dalam hal akses sumber daya dan publikasi.
4. Mengadakan
kegiatan kolaboratif dengan industri, lembaga pemerintah, dan masyarakat untuk
menyediakan kesempatan magang, proyek bersama, dan pertukaran pengetahuan.
5. Mengintegrasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam kurikulum, menyediakan dukungan dan insentif bagi mahasiswa yang aktif terlibat dalam kegiatan tersebut.
PROFIL
LULUSAN
3.1
PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSI KEMAMPUAN LULUSAN
Berdasarkan kajian visi dan
misi Universitas, kebutuhan pengguna lulusan, serta kajian IPTEKS (visi
keilmuan), Program Bahasa Inggris (PBI) FKIP Universitas Graha Nusantara (UGN)
mempersiapkan lulusannya untuk berkontribusi dalam berbagai bidang profesional
yang memerlukan keahlian bahasa Inggris dalam era globalisasi. Profil
Profesional Mandiri (PPM) merupakan cerminan pencapaian kualitas yang
diharapkan dari lulusan Program Bahasa Inggris FKIP UGN setelah berkarir dalam
profesinya selama 3-5 tahun. Berikut adalah Profil Profesional Mandiri (PPM) yang
telah disusun berdasarkan Outcome-Based Education (OBE) untuk mencapai tujuan
tersebut:
Tabel 3.1. Profil Profesional
Mandiri (PPM) dan Deskripsinya
|
No |
Profil
Profesional Mandiri (PPM) |
Deskripsi
Profil Lulusan |
|
PPM 1 |
Tenaga Pendidik (Pendidik Bahasa Inggris) |
Lulusan yang
memiliki kompetensi
pedagogis dan kebahasaan,
dapat mendesain dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif,
dan responsif terhadap perkembangan teknologi Pendidikan (edtech). Lulusan juga harus mampu melakukan
penilaian yang efektif untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris yang
berkualitas di lingkungan pendidikan
formal dan non-formal. |
|
PPM 2 |
Praktisi
Bahasa |
Lulusan yang dapat mengaplikasikan keahlian
bahasa Inggris dalam berbagai sektor profesional, termasuk perhotelan, perbankan, dan
pariwisata. Lulusan yangs mampu mengelola dan memanfaatkan teknologi
informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi dalam
berbagai bidang kerja. |
|
Edupreneur |
Lulusan
yang dapat merancang,
mendirikan, dan mengelola inisiatif pendidikan bahasa Inggris yang
inovatif, memanfaatkan metode pembelajaran modern seperti quantum teaching
dan blended learning. Serta lulusan yag memiliki pengetahuan dalam kewirausahaan dan manajemen
lembaga pendidikan untuk menciptakan dan mengeksploitasi peluang pasar
di bidang pendidikan. |
Ciri khas dari Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris di Universitas Graha Nusantara (UGN) yang membedakan dari program studi
serupa di tempat lain adalah:
1. Kurikulum
program studi ini secara eksplisit mengintegrasikan nilai-nilai karakter
seperti etika, kejujuran, dan tanggung jawab sosial, serta elemen kearifan
lokal untuk memperkuat identitas nasional dan lokal pada lulusan.
2.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan
pendekatan pembelajaran konstruktivistik dan student-centered learning yang
memberikan mahasiswa peran aktif dalam membangun pemahaman mereka sendiri
tentang bahasa Inggris. Metode
pembelajaran yang digunakan mencakup pembelajaran berbasis proyek.
3. Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris menerapkan filosofi Merdeka Belajar yang
memungkinkan mahasiswa untuk mengatur jalur pembelajaran mereka secara mandiri
sesuai dengan minat dan kebutuhan individu. Selain itu, kurikulum berbasis
Outcome-Based Education (OBE) berfokus pada pencapaian kompetensi bahasa
Inggris tingkat tinggi serta kemampuan adaptasi dalam berbagai situasi.
4. Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris menekankan pentingnya kewirausahaan di
bidang pendidikan, mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi edupreneur dengan
keterampilan dalam teknologi pendidikan modern.
5. Lulusan dari program ini dipersiapkan untuk bekerja di lingkungan multikultural dan multibahasa, dengan penekanan pada keterampilan komunikasi yang efektif dalam global.